Sunday, January 30, 2011

Cari uang lewat blogger

1 comments
42 21781276 300x200 Dapat Uang dari Nge blog. Mungkinkah?

Jika Anda suka menulis dan pingin mendapatkan penghasilan tambahan, cobalah untuk mulai dengan ngeblog. Banyak orang yang telah sukses mendapatkan uang dari hasil tulisannya di blog mereka.
Yang perlu dicatat dari awal agar Anda tidak kaget, bahwa untuk mendapatkan uang dari internet tersebut tidaklah gampang dan cepat. Anda tetap harus bekerja keras, ulet, pantang menyerah dan memerlukan waktu. Setidaknya Anda memerlukan waktu kurang lebih 3 bulan agar blog Anda dikenal dengan baik oleh Search Engine dan mendapatkan PageRank. Lain halnya jika Anda membeli domain yang sudah memiliki PR dan domain tersebut memiliki reputasi yang baik ( memiliki backlinks berkualitas).
Mengapa blog yang baru Anda buat tidak bisa langsung menghasilkan uang? ya karena pada saat Anda membangun blog untuk pertamakalinya, memerlukan waktu untuk mendatangkan pengunjung, membangun reputasi agar diindeks dengan baik oleh search engine dan layak mendapatkan PR tinggi. Setelah berhasil mendatangkan banyak pengunjung, berikutnya adalah mempertahankan kredibilitas. Buktikan bahwa blog Anda sangat berharga dan tidak murahan.
Berikut ini beberapa cara dalam mendapatkan uang dari blog, dengan catatan blog harus berbahasa Inggris karena sasarannya adalah pengunjung luar negeri.
Paid to Write
Ini adalah salah satu model moneytize blog melalui program pay per post ( bayar per postingan artikel). Anda akan diminta menulis tentang produk atau layanan perusahaan dan dibayar per postingan. Dalam beberapa program, Anda dapat mengatur sendiri harga per postnya atau bahkan mengatur harga per kata seperti harga per link. Semuanya tergantung pada trafik dan topik, beberapa bayaran per postingan ada yang $10 hingga $1000. Wow !
Contoh dari program pay per post ini antara lain adalah :
PayPerPost http://www.payperpost.com
Smorty http://www.smorty.com
Blogitive http://my.blogitive.com/pages/howto
Loud Launch http://www.loudlaunch.com
Blogging Ads http://www.bloggingads.com
SponsoredReviews http://www.sponsoredreviews.com
Blogvertise http://www.blogsvertise.com
Biasanya untuk bisa mengikuti program ini, syaratnya adalah blog Anda sudah harus memiliki PR ( Page Rank ) minimal 1. Akan lebih banyak peluang lagi mendapatkan jobs jika punya PR3 ke atas dengan Alexa di bawah 500.000
Kebutuhan advertiser bisa berbeda-beda dalam mengikuti model bisnis ini, beberapa mensyaratkan misalnya postingan harus menyatakan bahwa postingan artikel tersebut adalah berbayar. Yang lainnya boleh jadi mengijinkan Anda bebas menulis apapun asal menyertakan link dari advertiser di dalam postingan artikel tersebut. Bahkan ada juga konten tersebut merupakan press release atau materi iklan dari advertiser.
Tapi tetap harus hati-hati selagi Anda hanyut pada besarnya penghasilan yang didapat dari model bisnis ini, bisa-bisa pengunjung blog Anda sudah tidak mau berkunjung lagi karena alasan blog terlalu banyak iklan. Dan yang paling berbahaya adalah jika Search Engine memberikan pinalti dan menurunkan Page Rank blog Anda atau bahkan masuk ke sandbox ( dihapus dari google indexing ).
Saran saya, buatlah blog Anda nyaman buat pengunjung. Jika banyak postingan berbayar, selingi dengan konten orisinal Anda yang berkualitas.
Menjadi Freelance
Banyak perusahaan, termasuk organisasi nirlaba, yang mulai membuat blog tapi memiliki keterbatasan SDM untuk merawat, menulis konten, bahkan memasarkan blog mereka. Ini bisa menjadi peluang Anda untuk menjadi tenaga freelance untuk menjadi penulis konten mereka.
Anda harus memiliki gaya menulis yang kreatif dan grammar yang baik. Biasanya Anda akan diminta menulis contoh artikel untuk melihat kecocokan gaya dan nada dari blog mereka.
Sebagai contoh Anda bisa berkunjung di elance.com untuk mendapatkan jobs. Di situs ini telah tersedia 15.000 daftar jobs untuk blogger dalam 15 hari terakhir.
( PHB )

1 comments:

abdi said...

blogspot pr1 kira2 bisa gak mas buat maen di sponsoredreview? kira2 ada yang mau kasih job gak ya?

Post a Comment